Dec 16, 2012

5 cm - The Movie.. Deserve one post!!

Biasanya saya kalau bikin review odong-odong kan rapelan ya. Tapi ini beda, this movie surely deserves one post!! The whole post!!


Saya tidak menyesal nonton film ini. SANGAT tidak menyesal. Kalau bisa malah mau nonton lagi lagi dan lagi. Diangkat dari buku berjudul yang sama karya Donny Dhirgantoro dan juga dari kisah nyata, film ini, bagi saya, memenangi kategori film adaptasi terbaik yang pernah saya tonton. :') Sampe masih semrinding disco syalala ni. :')

Kali ini saya nonton sama bujendral, dan ini adalah film pertama yang ditonton di bioskop sama bujendral setelah sekian lama beliau ga nonton ke bioskop. Seberapa lama? Well, sebelum film mulai kami sempat berpikir kapan terakhir kali bujendral nonton film. Dan well, sampe filmnya mulai, none of us remember. Bahahaha. It must be very loooong loooong looooong time ago!! :))))

Saya agak kaget pas liat sutradara film ini adalah Rizal Mantovany. Kagetnya kenapa? Ya gapapa, ga biasa aja liat namanya Mas Rizal (jieh, Mas Rizal, sok kenal lu Lan!!) di bioskop untuk film layar lebar; kan biasanya liat di music video (eh, yagasi?? yakan yakan?? yadong!!). Tapi BRAVO!! Garapan Mas Rizal LUAR BIASA!! Mata dimanjakan dengan scene-scene ciamik mempertunjukkan alam dengan bias cahaya matahari yang jatuh membentuk sinar surgawi. Huaaaaah. GILA!! Bujendral sampe bilang kalau film ini filmis sekali. *ya maklum ya, angkatan lawas, bilangnya 'filmis'. Kikiki..*

But watching the movie does make me realize what she meant as 'filmis'. Ini sinematografinya terlihat sederhana, tapi pengambilannya gila artsy banget!! Hasilnya juga. Kata bujendral, 'Ngambil gambarnya susah ni, Dek!! Kita enak tinggal nikmatin. Sutradaranya kerja keras ni!!" Huaaaah.. *peluk Mas Rizal* *kesempatan!!*. Ranupane, Ranu Kumbolo, Kali Mati, sampai Mahameru, semua dishoot dengan ciamik. Scenenya luar biasa keren. Pasti jadi banyak deh yang mau menyambangi tempat itu seselesainya nonton film ini. Hihihi.

Ceritanya gimana? LUAR BIASA!! Love, friendship, life, laugh, semua ada!! Lucu, drama, sedih, semua digeber!! Lucunya lucu sehari-hari. Dramanya drama sehari-hari. Sedihnya sedih sehar....eh oke, ini engga, ya urang mati teh bukan sehari-hari juga ya.. *tepokjidatsendiri*. Semuanya ada di film ini. Dan jalan ceritanya smooth. Yang belum baca bukunya sudah pasti bisa nikmatin film ini. That's why I stated earlier, bagi saya, ini adalah film adaptasi terbaik hingga saat ini.

Dan saya kagum sama pemilihan aktor/aktrisnya. Semua PAS!! Fedi Nuril, Herjunot Ali, Saykoji, Raline Shah, dan Pevita Pearce, semua mampu menghidupkan karakter while remaining different to one another. Hehehe. Ketika ada aktor/aktris yang mirip (Raline Shah sama Pevita Pearce tipikal  muka hampir mirip) dan bujendral ga nanya ini yang mana, nah itu bagus deh berarti mainin karakternya. Hahahaha. Subjektif banget ya, yauda sik, namanya juga odong-odong!! *nyalain musik* *keliling komplek*. Eh tambahan, saya suka bagaimana Riani (Raline Shah) tetap dipakein jaket warna PINK dengan sepatu keds gahul instead of sepatu hiking yang mahalaki itu tampilannya. Jadi hiking itu ga perlu rempong ya teman-teman!! Dan tetep bisa keliatan manis. *nyeduh teh*

Di tengah film saya sempat berpikir, kok ini salah satu pemainnya ga Nico aja ya?  Nicolas Saputra maksudnya. Karena Broer Nico (dia minta dipanggil itu, gausa ribut!!) kan traveler juga, dan bisa banget bayangin dia jalan kece manggul carrier gitu. Tapi ternyata satu, being a person with no garis senyum di mukanya, Nico akan kesulitan bikin orang ngakak sedangkan di film ini, kemampuan mimik muka yang bikin ngakak itu diperlukan. Hihihi. *tu kan Co, ayo cepet operasi!! bikin garis senyum!! cuss ke Bangkok/Korea!!* *ngintil*

All in all. Film ini wajib tonton banget!!
Saya aja pengen nonton dua kali atau tiga kali lagi, masa kalian engga. Ga gaul donk ih gimana sih!! *lah, ga sante* :))))

Baiklah, segitu dulu review odong-odongnya. Ga review si ini, cuma cerita aja. *serah loe deh cumi!!*

Besok saya post ya foto 5cm saya. Kali-kali aja ada yang mau liat. *mesake*

Senyum dulu ah.. :)
Selamat malam teman-teman. Selamat tidur. *kecup mesra kening Genta* *uget-uget masuk sleeping bag*

2 comments:

  1. btw lan, si mas rizal tuh juga pernah jg nyutradarain film. film Jelangkung yg mahaserem itu.

    another btw, MANA NASKAH WOIII.. NASKAH??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh, Jelangkung juga Mas Rizal?? Ah, aku tak jadi suka kl gitu.. *laaaah*

      Naskah.. errr.. sabar ya Rie.. Ingat!! Orang sabar disayang Bulan!! *pentung diri sendiri*

      Delete