Jul 5, 2012

Kekuatan....WANTEK!! :p

Saya tipe pembosan kalau urusan baju. That explains the every-two-months decluttering. Hehehe. Nah tapi sering ada beberapa baju yang masih saya suka, tapi sudah agak genggeus untuk dipake. Yang pertama, karena mungkin panjangnya ga pas. Saya terhitung petite (kalau ga bisa dibilang pendek), dan montok (kalau ga bisa dibilang gendut), jadi kalau potongan bajunya ga pas kependekkannya, jatohnya saya jadi keliatan mendhelep, kalah sama baju. Hihihi. Kalau cuma kepanjangan si biasanya saya gelar aja di lantai trus saya potong sendiri sesuka hati. Nah kalau kegenggeusan lain kayak kelunturan (maap ya, namanya juga laundry kiloan..kikiki), saya suka solusi yang baru saja saya jalankan.. WANTEK!! Hehehe..

Wantek adalah pewarna tekstil. Bisa dibeli di pasar-pasar terdekat, walaupun saya, kalau beli wantek, selalu niat ciao ke Pasar Sunan Giri di Rawamangun sana. DEMIH!! DEMIH!! :)))) Makanya sekali beli biasanya langsung banyak dan warnawarni. Buat stok buuuu.. :p

Kalau menilik dari cara pencelupannya, harusnya pake panci dan airnya panas terus, mendidih diaduk-aduk gitu. Namun secara saya agak memiliki dendam pribadi pada segala jenis panas ya, jadi udek-udek baju di air mendidih sudah pasti bukan sebuah pilihan yang menjanjikan. Hihihi. Cara saya adalah: air panas ditaruh di ember, masukkin bubuk wantek, udek-udek pake apapun selain tangan (karena panas kan?!) sampai bubuk dan air nyampur, lalu masukkin aja bajunya. Udek-udek sebentar dan diamkan. Dengan cara ini, memang pewarnaan jadi ga merata tapi gapapa, keliatannya kayak tie dye gitu malah (ngeles) dan warna ga kuat (jadi misalnya beli warna merah, jadinya merah muda keorenan gitu..hihihi) tapi gapapa, malah surprise sama warna yang keluar kan. *ngeles kuadrat* :p

So here I present to you.. Two of my latest wantekked (wantekkeeeeddd.. :)))) *ngakak sendiri jadinya) shirt. :)

Senyum dulu ah.. :)

Before
After
Before

After

PS: Baru nyadar, masa di dua foto pertama, kalung saya sama. Dan di dua foto terakhir, tas saya sama. Bahaha. Bisa begituh.. -_____-

16 comments:

  1. wahhh nice post sist, ijin praktek ya :D

    ngomong ngomong tas sama kalungnya cuma punya satu kali tuh hehehe :p

    salam kenal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enggaaaaa.. Punya banyak kooook.. *pamer gagal* :p

      Delete
  2. caranya biar hasil wantekan gak luntur gimana ya? trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setelah kering habis dijemur, dicuci aja, kasih sedikit baking soda/garam/cuka di airnya. Udah deh. Dan kalau beberapa kali dicuci, udah nggak luntur kok biasanya. :)

      Delete
  3. salam kenal....mb...wantek kalo beli disana harganya berapa mb....

    ReplyDelete
  4. Oo beli nya di psar sunan giri, deket dong dri tmpat tinggal aq di rawamangun

    ReplyDelete
  5. Oo beli nya di psar sunan giri, deket dong dri tmpat tinggal aq di rawamangun

    ReplyDelete
  6. Kak, saya baru sekali pake celana denim warna Putih
    terus saya rendam pake Pemutih proclin
    eh setelah 1menit saya baru nyadar kalau celana berubah menjadi warna Kuning kecokelatan (dekil)

    Mau ngembaliin jadi warna Putih bersih lagi bisa gak ya? Kalau bisa, apakah ada wantek warna Putih?

    ReplyDelete
  7. supaya warna merata n ga ky tie dye gimana? berarti sbaiknya mesti ditaro di panci dgn air rebusan n api menyala bukan di ember dgn air panas ya?

    ReplyDelete
  8. supaya warna merata n ga ky tie dye gimana? berarti sbaiknya mesti ditaro di panci dgn air rebusan n api menyala bukan di ember dgn air panas ya?

    ReplyDelete
  9. teh ko sya ngewantex gagal ya, padahal wantex nya 2 bungkus buat wantex celana hitam yg udh pudar

    ReplyDelete
  10. teh ko sya ngewantex gagal ya, padahal wantex nya 2 bungkus buat wantex celana hitam yg udh pudar

    ReplyDelete
  11. Klo misal na ngwantek na gagal, bisa d wantek lg gk ??

    ReplyDelete