Mar 31, 2012

Menjadi kecil..

"Kapan buka factory?"
"Loe ga ikut pameran X, Lan?"
"Kamu ga nambah tukang?"
"Ga merambah bikin A?"
"Ga kepikir buka butik lagi?"
"Masukkin Matahari? Centro?"

Dan sederet pertanyaan lain yang terus menggempur, yang kemudian saya balas dengan senyum cengengesan. Hehehe.

Ini sebuah cerita tentang Moonaddict, tentang pemikiran saya, tentang pengalaman, dan tentang impian. I'll share it here, so people can see clearly, that I do have some thoughts about where to bring this business.

(But just be patient with me).
Hihihi..

Moonaddict usianya sudah mau 5tahun April ini. Dengan melihat perkembangannya, mungkin banyak yang geregetan kenapa saya tidak bergerak lebih cepat membesarkannya. Hihihi. Sabar ya. Tenang. :) Saya punya pemikiran kok tentang Moonaddict, tapi mungkin pemikiran saya memang tidak cukup menyenangkan banyak orang. :p

Saya ingin Moonaddict tetap kecil. Tetap hangat. Menghidupi dengan berkat.

Moonaddict seperti sekarang apa menurut saya sudah cukup? Sudah. Mencukupi saya, mencukupi pak tukang, terus berjalan. Itu dulu yang ingin saya mapankan. Apa saya ingin Moonaddict masuk department store? Apa saya ingin Moonaddict memproduksi massal? Apa saya ingin sekarang Moonaddict memberi tambahan pemasukkan ke saya berkali-kali lipat? Sejujurnya, tidak. :)

Moonaddict akan menjadi besar pada waktunya, dan waktunya bukan sekarang. Saya akan punya workshop yang lebih besar pada waktunya, dan waktunya bukan sekarang. Saya mungkin tidak akan membuatnya menjadi massal. Sedikit sekali kebahagiaan ketika saya hanya menjual (produk massal) dulu ketika memiliki butik, dan lebih banyak kebahagiaan ketika saya menjual produk custom seperti sekarang. Memenuhi permintaan buyer satu per satu dengan keinginan ini itu nina ninu-nya meledakkan semangat saya, dan itu lebih menyenangkan. Kalaupun saya akan membuat menjadi massal di masa mendatang, it may be under different brand, dan bahkan itu tidak masuk dalam rencana 5 tahun ke depan saya!! :D

Ingat bagaimana dulu saya memegang beberapa desainer dalam sebuah pagelaran busana? Uangnya besar. Tapi saya ngga bahagia. Saya dirongrong deadline yang terus mengejar, yang akibatnya saya jadi ikut merongrong pak tukang. Jadi sering berantem, marah-marah. Jadi ga sehat, both for me and pak tukang.

Ingat bagaimana dulu saya punya butik? Uangnya juga besar, tapi kok malah jadi beban. Sayanya juga ga jadi bahagia memilikinya. Meribetkan hidup saya. Hihihi.

Ingat bagaimana dulu saya menyebut beberapa butik besar tempat Moonaddict dititipkan? Uangnya juga lumayan, tapi saya kehilangan gairah karena tidak berhubungan dengan orang. Kapasitas saya hanya sebagai produsen, menitip barang, mendapat uang di akhir bulan, dan sudah. Harapan hidup hilang, semua seakan hitam. <-- Oke, ini drama. Hihihi.

Saya berbahagia dengan apa yang Moonaddict sudah berikan pada saya dan pak tukang sekarang. Menjadi berkat, itu lebih baik daripada menjadi sebuah lahan cari uang. Moonaddict akan bergerak maju, insyaallah, tapi saya ingin membuat pergerakkannya mapan. Pelan tapi mapan.

Dan apa ukuran majunya?

Ketika ini masih menjadi arena bermain saya, membahagiakan saya dengan warna, tidak lagi menjadi sebuah bisnis saja. Maka dia masih bergerak maju bagi saya. :)

Ketika saya masih bisa tersenyum memberikan gaji pak tukang setiap Sabtunya dan menyurengkan mata saya menerima request pinjaman uang di hari Rabunya, maka ini masih bergerak maju. :)

Ketika saya masih bisa duduk diam di sebuah kedai kopi, melihat ke arah luar jendela, lalu mendesain dengan asyik kemudian memberikannya ke pak tukang dan berbicara bersama tentang teknik produksinya, maka ini masih bergerak maju. :)

Ketika saya dan pak tukang masih bisa duduk bersama, makan gorengan atau ngerujak bersama, maka ini masih bergerak maju. :)

You see, Moonaddict itu sebuah keluarga. Dan saya ingin membuatnya harmonis dan berbahagia. Seperti sekarang, sudah cukup. Bergerak maju, dengan seijin Tuhan. Biar tetap kecil. Biar tetap hangat. Biar tetap menjadi berkat.

Super sekali kan.. Caelaaaaaaaaaaaah.. Ihiy.. *kayang gojeng-gojeng* Kece amat sik siBulan iniiiiihhhh.. *lempar lopelope di udara* Hihihi.

Selamat berakhir pekan yaaaa..

Senyum dulu ah.. :)

No comments:

Post a Comment