Sep 29, 2011

Kebanggaan Indonesia.. Orangutan..

Hai pembaca, apakah sudah siap untuk hari ini????  Hari Kamis nan asoy geboy menggugah hati jiwa raga untuk berdansa di penghujung minggu? Yuk mari sebelum kita jogedan, kita bantu Indonesia yuk.. :)

Kemarin sore, di harian saya - Twitter - ramai dikicaukan tentang orangutan. Loh loh ada apa ini?? Ternyata adalah karena tragedi kelapa sawit berdarah. Saya sudah bisa menebak akan seperti apa isi berita yang disebarkan itu dan saya ga sanggup melihat kalau ternyata ada foto2 yang memilukan di dalamnya. Maka saya tdk membukanya, tapi semakin malam kok ya semakin terusik penasaran, akhirnya saya buka. Ternyata bukan berita tulisan tapi video. Sengaja saya tidak post videonya di sini ya karena selain kualitas videonya kurang bagus, jg karena gambar2nya agak menakutkan.*dan itu adalah alasan biar saya ga perlu melihatnya lagi aja..hehe..maaf ya, monggo dicari di youtube pasti ada kok. :)*

Nah selesai melihat video itu, saya kok jadi miris sendiri dan berpikir harus melakukan sesuatu, sekecil dan semudah apapun utk membantu. Maka saya cari info dan menulis post ini. :)

Kenapa harus orangutan??? Oh well ya sebenernya banyak yang harus dibantu di negeri kita tercinta ini, orangutan hanya salah satunya, dan kenapa harus dibantu adalah karena tempat tinggal orangutan ini HANYA di Indonesia yaitu di Sumatra dan Kalimantan. Mereka hanya ada di kita!! Mereka harusnya jadi kebanggaan kita.. Hanya kita yang punya.. Tapi sayangnya mereka sudah mau punah. Dan alasan utama kepunahan mereka adalah karena diburu sama kita - manusia. Hih!! Pembukaan lahan kelapa sawit yang ilegal (atau "legal tapi salah" kalau bahasanya COP) adalah alasan utamanya. Perusahaan2 ini membayar karyawannya atau pemburu gelap utk memburu orangutan yang 'masuk' ke lahan yang ingin mereka buka lalu membunuhnya. Ditembak atau dengan meracuni pisang2 yang mereka sebarkan di lahan itu. :(

Kata pemburu dan karyawan perusahaan kelapa sawit itu, mereka ga membunuh orangutan yang masih anak2/bayi (sesaat saya lega) karena mereka lbh untung menjualnya daripada membunuhnya (dan kelegaan itu hilang berganti caci maki). Huhuhu. Padahal orangutan itu binatang yang terhitung pasif, mereka tdk suka menyerang, jadi betapa jahatnya manusia yang mengejar/membunuh/menembak/menjual mereka. Keberadaan mereka sudah sangat sedikit lho. Tinggal beberapa ribu saja. Dan orangutan betina baru bisa punya anak ketika dia berusia 7-12tahun, mereka mengandung calon anaknya selama 9bulan, lalu senjang untuk bisa punya anak lagi adalah 6-7tahun setelahnya. Gila kan. Nunggunya lama banget!! Jadi kalau mereka diburu dan di'habisi' secara membabi buta sekarang, ga heran kalau di masa yang akan datang mereka beneran tinggal nama doank. :(

Jadi pembaca, mau diam aja ni tau berita ini? Saya si engga. Sayang kalau Indonesia harus kehilangan satu lagi kebanggaannya hanya karena kita diam saja. Dan melakukan sesuatu itu tdk susah. Start by spreading the news ya. Saya membebaskan siapapun utk copy paste tulisan saya ini dengan menaruh credit ke alamat blog saya tentunya (sama2 saling menghormati ya.. :) ). Lalu, kalau kalian pecinta merchandise seperti saya, yuk beli merchandise orangutan dari lembaga2 resmi yang menjualnya. Kenapa harus resmi? Ya biar sampe 'donasi' kita. Kalau beli kaos bergambar orangutan yang dijual di pinggir jalan saya ga jamin 'donasi' akan sampai. :) Saya sudah tanyakan ke BOSF (Borneo Orangutan Survival Foundation), yang akan saya acu linknya di bawah ini, 20% dari hasil penjualan merchandise mereka adalah yang disalurkan untuk penyelamatan orangutan. :)

Kalau mau lebih lagi, bisa membantu dengan donasi atau adopsi. Saya deg2an setengah mati pas buka link adopsi, saya kira akan mahal banget, ternyata ya ampun, ini terjangkau banget!!! Shared adoption (satu orangutan diadopsi bersama oleh beberapa pengadopsi) hanya dengan 350rb/orang, dan jangan sedih pembaca, itu bukan per bulan, tapi per TIGA bulan!! Dapat sertifikat yang dipersonalisasi daaaaaaaaaan FOTO orangutan yang diadopsi. How cute is thaaaat!! Ahuhuhu. Ak jd semangat!! So yuk Indonesia, satukan tangan memertahankan salah satu kebanggaan Indonesia ini biar tidak  habis punah tinggal nama saja. 

aw aw awwww... thuthunaaaah... :)

Link untuk merchandise yang bisa dibeli untuk membantu pelestarian orangutan ada di SINI..
Untuk donasi dan adopsi (atau mau tahu lebih dalam tentang orangutan - kan tak kenal maka tak sayang, hehehe), monggo langsung klik ikon BOS (Borneo Orangutan Survival) di tab sebelah kanan laman ini ya.. :)

Jangan malas mengklik ya. Yuk sebarkan ini biar banyak yang bantu.. Gencar menyebar!! Indonesia BISA!! #saveorangutans *deeeesss, kayak demo!! Hihihi..

 "Nobody can do everything, but everyone can do something" :)

Senyum dulu ah.. :)


No comments:

Post a Comment