Sep 25, 2011

Ah.. Ahirnya.. Donor Darah Juga... :)

Dari lama saya ingin donor darah, tapi dengan kesibukan yang maha dahsyat *bleh!!*, saya jadi ga sempat2 dondar. Pulang ngajar sudah kecapean banget. Sabtu Minggu malas keluar. Ya begitulah *eh kok jadi curhaaat!!* Nah kemarin2 ini keinginan untuk dondar begitu menggebu. Cuma, saya bukan tipe yang senang ke PMI, saya mungkin malah akan ketakutan dan mengurungkan niat kalau dondarnya harus di PMI deh. Hehehe. Untung lah ga berapa lama, saya baca di koran harian saya (Twitter!! :p) kalau akan ada acara dondar di FX mall. Ah PAS!! Jadi niat makin dikukuhi dan tidak boleh mundur lagi, maka ciao lah saya Jumat itu.

Rencana awal, akan ketemu miu dl lalu miu nemenin saya dondar, ternyata e ternyata miu takut lihat jarum. Hahaha. Jadilah ketemu miu-nya di Anomali Senopati lalu saya lanjut ke FX dan miu (dan mbak Wulan dan mbak Tika lanjut ke Abuba, OMG, mereka makan lagi!! :)))). Acara dondarnya mulai jam13, saya datang jam satu kurang dua menit dan sudah cukup penuh. Saya isi form daftar lalu menuju ke dokter utk periksa tekanan darah.

Sampai di dokternya, "Eh, anak 68 ya?" HAH!! Saya bingung dan berusaha mengingat ingat, ah shoot, ga inget lagi!! Senyum meringis sambil jawab iya, dan dokternya melanjutkan "Iya, tadi gw mikir kok wajahnya familiar, kayaknya junior gw ni, eh ternyata bener. Angkatan berapa? Lulusnya? 2002?" *ayo Bulan, inget2 nama dokter ini Bulaaaaan... - gagal* "2003" Lalu pak dokter ini mengucap nama lain dan bertanya saya seangkatan sama nama itu donk, doenk!! Saya lupa. Aaaargh.. Masa SMA kan memang masa tak tercinta saya, jadi saya ga apaaaallll. Ga kenal banyak orang jugaaaa.. Ini kenapa si pak dokter pake kenal saya deh.. *tepok2meja* -- Untung abis itu pak dokter menulis namanya di form pendaftaran saya - dr. Harris - ooooo, Harriiiisssss... Udah inget Lan? Engga.. *nasip!!

Setelah dari dokter, saya ke kursi sebelah dan mengantri memeriksa HG (eh bener kan HG ya? Hemoglobin?) dengan alat penusuk yang ditusukkan ke jari manis kanan saya. *Alat yang sama yang saya gunakan untuk menusuk tangan papah untuk mengecek kadar gula beliau dulu*. Lalu darah saya di teteskan ke sebuah cairan berwarna biru dan dr. Harris langsung mengucap "Yak, bagus kok, ngga tenggelam..", saya ngintip sebentar ke wadah cairan itu, tetesan darah saya mengapung. :)

Lalu saya antri ranjang karena cuma ada delapan ranjang yang disiapkan. Mbak petugas PMI jg pergi dulu sebentar, saya kira ngapain, taunya nyari selimut untuk saya karena saya pakai ROK MINI!!! Jiaaaah, padahal saya (pas tau dia nyariin saya selimut) uda bilang saya gapapa ga pake selimut. Dia *agak sinis* menatap rok mini saya. Saya jadi sinis juga menatap dia. Hahaha. Sinetron abis!! Lalu mas2 PMInya mengangsurkan selimut ke saya, dua pilihan, garis2 biasa apa yang motif zebra. Uoooh, ya saya pakai yang zebra dooonk. :)))

Mbaknya pukul2 tangan saya bentar, mencari pembuluh yang rupanya tidak terlihat. Ahirnya dia menyerah dan memanggil temannya (yang kayaknya lbh berpengalaman). Temannya memukul2 tangan saya sebentar lalu jressss jarum dimasukkan. Rasanya?? Kayak dicubit sayang sama Silka atau Onya. Segitu doank?? Iya segitu doank. :) Dan darah pun memasuki kantong yang ditaruh di bawah ranjang yang saya tempati. Saya jadi ingat uni, dulu darah uni lama sekali memenuhi kantong, lalu disuru kepal buka kepal buka tangannya. Ya karena mbaknya ga ngomong apa2, saya jg diam saja. Hehehe. Sampai kemudian mbaknya ngangkat kantong saya, saya uda berasa banget deh tu, saya tanya "Lama ya mbak? Belum penuh2 ya?" Dijawab iya dan disuruh mengepalbuka tangan saya. Tak berapa lama, kantung darah saya pun terisi penuh. Montok ipel2 isi darah. Hehehe.

Mbaknya meminta saya tarik napas lalu mencabut jarum yang menempel, *sakit?? engga, kalian ga akan sadar bahkan si mbak sedang mencabut jarumnya, happens so fast you won't feel the pain* memasukkan darah saya ke tabung kecil, lalu membereskan kantung darah saya, menutup bekas suntikan, bertanya saya pusing atau engga, dan mengacu saya ke meja tempat saya mendaftar tadi.

Di meja saya dikasih plastik (yang malamnya baru saya tahu isinya Pop M**, wafer Tang*, dan susu Frisi** Fla*) dan kotak lain berisi cangkir (ini jg baru pagi ini saya buka. kekeke). Pamit sebentar ke dr. Harris lalu saya jalan2 deh.

Bukan perasaan bangga ya, lebih ke perasaan lega. Bahwa ternyata saya bisa donor darah jg. Hehehe. Dan saya tahu susahnya orang mendapatkan darah ketika mereka sedang benar2 membutuhkan. Yang birokrasi belibet lah, darah abis lah, DISURUH BAYAR MAHAL lah!! Glek!! Jadi ya, kalau hanya mengeluarkan 500cc darah dari tubuh saya selama tiga bulan sekali si insyaallah saya bisa. Mana donor darah itu semacam check up gratis karena darah saya akan dites dulu (sblm bisa diberikan utk org lain) dan saya akan dikabari kalau ternyata saya sakit (yang bisa terdeteksi dari darah). Kece ga tuuuuu... *idungkembangkempis*

Moga2 tiga bulan lagi ada acara donor darah di mall jadi ga harus ke PMI atau rumahsakit. Hehehe. Amin. :)

Yuk ikutan donor darah yuuuukkk.. Link syarat dan bla bla bla-nya bisa didapat dari klik logo "Blood For Life" di bar sebelah kanan saya ya. Kalau masih ada yang kurang jelas monggo boleh tanya saya, saya jawab semampu saya, kalau saya ga ngerti, nanti saya tanya ma yang ngerti deh. Hehehe.

Speaking about name, kenapa bisa sama dengan nama yang saya dan teman2 usung utk acara donor darah kami di kampus bertahun2 lalu? Haha. Hanya Tuhan yang tahu jawabannya. But don't u think the name is kewl?? I think so. Hahaha.

Jadi yuk teman2 pembacah, yuk kita donor darah......Mencari berkat Tuhan dengan menjadi berkat bagi sesama.. *aih mateeee!!*

Senyum dulu ah.. :)

No comments:

Post a Comment